Login with facebook
BERITA / FORMULA

Rio Bisa Jadi Pemicu Sirkuit F1 Indonesia
Rabu, 30 Maret 2016 | FORMULA

Bahrain - Tak lengkap rasanya jika telah ada pebalap Tanah Air yang berlaga di F1 tapi sirkuitnya belum ada. Ya, itulah gambaran yang terjadi di Indonesia.

Bila kini telah ada wakil Indonesia hingga Asia yang berlaga di F1, yaitu Rio Haryanto,  namun harus diakui masih jauh untuk menjadi tuan rumah gelaran balap terakbar di dunia. Kendati telah ada beberapa sirkuit yang berlabel internasional, namun itu sebatas balapan di bawah ajang F1. Dengan kata lain hingga kini belum ada sirkuit yang memenuhi standarisasi F1.

Menanggapi hal ini, Rio menuangkannya secara diplomatis. Menurut pebalap Pertamina Manor Racing Team itu segala sesuatunya bisa saja terjadi dalam waktu ke depan.

"Beberapa negara memerlukan semacam trigger untuk menjadikan F1 populer. Suatu negara tuan rumah Grand Prix dapat memiliki pembalap F1 lokal lebih cepat dari negara lain. Ini bisa dilihat dari Malaysia. Selain itu, bisa juga berjalan sebaliknya. Jika ada seorang pembalap F1 muncul dari suatu negara, tidak perlu kaget jika kita mendengar sirkuit F1 baru dibangun di sana. India adalah salah satu contohnya. Sementara itu, Indonesia juga memiliki sejarah dengan penyelenggaran kompetisi motorsport kelas dunia, baik roda dua maupun roda empat. Semoga demam F1 sekarang di Tanah Air terus berlanjut dan berdampak positif," tutur Rio.

Semoga saja harapan Rio menjadi kenyataan. Bicara impian, sesungguhnya telah ada mimpi Rio yang terbukti nyata. Yakni ketika dia mendeskripsikan balapan F1 pertama.
 
"Mimpi yang menjadi kenyataan,!" seru Rio. (*/photo by Manor Racing)

RATING
Star
StarStar
StarStarStar
StarStarStarStar
StarStarStarStarStar

PILIH PELUMAS

PERTAMINA UNIT PELUMAS
Gedung Oil Centre lantai 6
Jalan MH. Thamrin Kav. 55
Jakarta Pusat 10350
P : +62 21 31907991
F : +62 21 31902757
redaksi@pertaminaracing.com
Copyright � 2007 - PERTAMINA